Halaman

Senin, 28 Februari 2011

BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Beberapa tahun lalu, dari hasil riset sebuah lembaga di Amerika Serikat diketahui bahwa lebih dari 50% produk dan komponen yang dihasilkan oleh perusahaan mempunyai cacat atau kerusakan, dan untuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi tinggi, otomotif, dan aerospace angkanya lebih mencengangkan lagi yaitu mencapai lebih dari 75%. Komisi Keselamatan Produk Konsumen Amerika bahkan memperkirakan bahwa kematian, kecelakaan, dan kerusakan yang ditimbulkan akibat pemakaian produk konsumen yang tidak sempurna telah membebani negara lebih dari 700 miliar dolar per tahunnya. Berdasarkan fakta-fakta tersebut maka tidak mengherankan jika perusahaan-perusahaan saat ini berusaha keras untuk menerapkan sistem manajemen mutu yang diharapkan akan membantu mereka dalam meningkatkan mutu produk/layanan yang dihasilkan, mengontrol biaya-biaya, mengurangi kerusakan dan cacat pada produk, meningkatkan kepuasan konsumen, dan pada akhirnya adalah meningkatkan keuntungan perusahaan. Dalam makalah ini akan dijelaskan tentang manajemen mutu, mudah-mudahan makalah ini berguna bagi kita semua.
B. Tujuan Penulisan
1. Tujuan umum
Secara umum penulisan makalah ini bertujuan untuk menjelaskan tentang Manajemen Mutu agar mahasiswa, khususnya mahasiswa Akper Royhan memahaminya.
2. Tujuan khusus
Adaun secara khusus makalah ini bertujuan untuk menjelaskan tentang :
a. Definisi manajemen mutu
b. Pendekatan
c. Prinsip
d. Pelaksanaan
e. Metode
f. TQM
g. Audit
C. Ruang Lingkup
Dalam membuat makalah ini, penulis hanya menjelaskan tentang anajemen Mutu yang mencakup Definisi manajemen mutu, Pendekatan, Prinsip, Pelaksanaan, Metode, TQM dan Audit.
D. Metode penulisan
Dalam penulisan makalah ini, penulis mengambil literatur dari internet yang disusun menggunakan bahasa yang mudah dimengerti agar mahasiswa dapat dengan mudah memahami isi makalah ini.
E. Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan makalah ini terdiri dari tiga bab yaitu:
Bab I : Latar belakang, Ruang lingkup, tujuan penulisan, Metode penulisan, Sistematika penulisan.
Bab II : Landasan Teori yang meliputi Definisi manajemen mutu, Pendekatan, Prinsip, Pelaksanaan, Metode, TQM dan Audit.
Bab III : Kesimpulan dan Saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar